Pages

Jan 6, 2013

EUROPE - Trivia Part 3


Atas desakan teman dan dorongan hati, mari kita lanjutkan yang aneh dan lucu di Eropa. Well, ini kan pengalaman aku.. kalau ada yang tidak setuju denganku, ya monggo saja.. tidak dilarang :p

Pick Pocket
Whoaaa.. kurasa semua orang sudah tau kalau Eropa itu gudang nya tukang copet. Hampir semua temenku yang ke Eropa, pasti jadi korban. Di Perancis, karena kita city tour dengan rombongan kantor suami dan ada tour guide dari Indonesia bersama kita.. entah berapa kali sehari dia selalu mengingatkan.. hati-hati ya Bapak Ibu.. banyak copet. Bahkan kalau bis kita parkir di satu tourism spot, dia bisa identify yang mana beneran turis yang mana tukang copet. Katanya.. "jangan ketipu muka. banyak Lelaki-perempuan yang pura2 jadi pasangan turis, minta tolong kita fotoin dan akhirnya ada aja barang kita yang hilang.

Di Galery Lafaye banyak sekali anak perempuan ABG, mungkin baru belasan umurnya, tampang nya tidak bule karena kata tur guide mereka Gypsi... anak2 ini berjalan berkeliling membawa kertas seperti peta atau directory apa entahlah. Aku pernah di dekati mereka, tapi aku langsung jalan sebelum tahu sebenarnya mereka mau apa.. hehe.. gara2 di brain-wash banyak copet jadi bawaaan nya curigaan terus. Satu kali, aku duduk depan pintu utama Printemps, ada cewek Asia (Chinese) yang berdiri diluar sambil merokok. Terus di dekati cewek Gypsi yang membawa kertas itu, mereka berbicara entah dalam bahasa apa karena walaupun jarak enggak sampai 10 meter dariku, tapi berisik dan crowded banget jadi gak bisa denger mereka. Aku perhatiin terus, kupikir kalau sampai cewek Asia itu di paksa.. aku siap-siap keluarin jurus kungfu (kabur maksudnya... hahaha!) Akhirnya bener, cewek Asia itu ngeluarin dompet .. aku pasang kuda-kuda in case dompet itu di bawa lari.. LOL!.. dan dia mengeluarkan mungkin 10 euro lalu di berikan ke cewek Gypsi yang tanpa permisi langsung pergi dari situ. Aku penasaran banget, sebenernya apa yang mereka bicarakan.. tapi berhubung cewek China itu merokok terus.. aku mengurungkan niat mendekatinya. Gak tahan sama asep nya eiy....

Di Sacre Coure, aku dan Erryck turun dari atas pakai tangga. Waktu naik sih pake trem.. turun nya aku gak inget apa bisa naik trem lagi atau memang harus pake tangga.. nanti ya kalau kesana lagi kucek haha.. *ngarep* Tangga nya lumayan curam, dan berhubung dengkulku kurang kuat menahan berat badan, hehe.. kita jalan pelan-pelan sambil bbrp kali foto-foto. Dari atas keliatan ada cewek bule yang naik pake tangga dan tiba-tiba di kerubungi beberapa orang Gypsi. Erryck udah siap-siap mau terjun membantu tapi.. hebatnya, nih cewek yang udah agak Ibu2, malah ngusir anak2 Gypsi itu pake payung sambil teriak-teriak. Entah bahasa apa... Ketika kita akhirnya berpapasan dengan ibu itu, kita bilang " good good.. bravo!" Dia ketawa-ketawa senang dapat dukungan. Dan waktu kita mendekati rombongan Gypsi itu, Erryck langsung pasang tampang angker dan mengeluarkan suara mengerang.. atau mengaum yaa hahahaa.. mirip Edward Cullen waktu Bella di ganggu cowok2 di taman itu ahahaha... Gypsi2 itu rupanya nonton Twillight.. mereka pun membalas mengerang.. Erryck membalas lebih keras lagi sambil terus jalan.. Mereka pun membalas dengan gak kalah keras... waktu itu aku agak takut.. kalau mereka ternyata beneran menyerang kan kita kalah jumlah, wong cuma aku n Erryck aja, mereka lebih dari 5 orang. Tapi sekarang kalau inget, geli sendiri sama suara erangan sahut-sahutan itu.. ahhahaa


















Kayaknya tukang copet paling banyak di Perancis deh.. Temenku yang ketemu di Paris sampai shock waktu tahu aku jalan-jalan di paris dengan tas terbuka (tanpa zipper) dan passport serta uang ku semua ada di situ. Dia akhirnya memberikan 1 dompet gantung nya untuk ku dan menyarankan aku untuk menyimpan copy passport. Berhubung gak tau tempat fotocopy, aku memotret passport ku dan menyimpannya di BB dan Samsung, lalu menyimpan passport asli dan sebagian uang ku di dompet gantung nya yang dikalungkan ke leherku lalu di sembunyikan di balik baju.. Trust me.. enggak enak banget ada yg nempel2 di perut dan waktu di foto keliatan perut jadi tambah gendut.

Thanks God.. tidak satu pun dari kami dan romobongan yang menjadi korban.. semua aman. Dan lihat nih perutku yang hamil passport ahahah!





















Istimewa jadi orang Indonesia
Surprise. Surprise. Ternyata turis Indonesia sangat terkenal di Perancis. Kita bahkan mendapat pelayanan istimewa di beberapa toko/mall terkenal. Usut punya usut, ternyata enggak cuma di Perancis.. tapi denger dari bbrp teman yang sering jalan-jalan keluar negeri.. bahkan yang berangkat naik Haji.. orang dari Indonesia sangat digemari oleh ... pedangang lokal. Kenapa? karena orang Indonesia doyan belanja. Dan kalau belanja enggak tanggung2.. ngeborong!

Jadilah ada pelayanan Tax Refund Counter khusus Indonesia di Galery Lafaye. Kita tidak perlu antri di tempat lain dan akan di layani dengan bahasa Indonesia. Di Paris Look kita mendapatkan sales person orang Indonesia yang akan membantu kita mencari ini dan itu di toko tersebut. Ada beberapa orang Indonesia yang bekerja di toko itu, jadi waktu aku balik lagi di hari terakhir ke toko itu.. kita tidak bertemu dengan sales person yang sama, tapi manager nya bilang ke kasir.. "put it (the transaction) under Indo 1" Wuiiih.. pake kode Indo 1, Indo 2 segala... supaya komisinya enggak ketuker tuh :p

Di Perancis, tur guide yang orang Indonesia bilang.. kalau mau beli souvenir yang murah-murah, nanti deh pas kita makan siang.. semoga ketemu sama yang jualan. Bisa beli gantungan menara eiffel 12pcs cuma5 Euro, katanya. Dan benar, di dekat restoran yang sering di datangi turis Indonesia.. bertemulah kita dengan penjual souvenir kaki lima yang fasih berbahasa Indonesia. Cuma belanja nya harus buru-buru banget, dia kalo denger sirene polisi bisa langsung angkut barang dagangannya dan.. kabur.

Erryck berfoto dengan atlet NBA? atau atlet sepakbola dari Afrika? bukan.. dialah sang penjual souvenir kaki lima itu ..

















No comments: