Pages

Sep 23, 2017

Growing older wisely: Jangan Malas

Kesleo pasti sakit. Tapi sebenarnya rasa sakit adalah anugerah dari Tuhan supaya kita alert bahwa ada sesuatu yang tidak beres, ada sesuatu yang harus kita perhatikan... so yeaa... aku kesleo dan ini beberapa daftar ketidak-beresan itu... 😝😝


Selalu ingat kata Pak Agus Marjanto: Daud berzinah dan membunuh Uria berawal dari 1 dosa yang terlihat kecil, tapi efek nya dahsyat, yaitu MALAS.

Malas Bergerak
Tapi pagi itu, tepatnya 3 Agustus aku mungkin tanpa sadar melakukannya. Pagi itu aku bersiap berangkat ke kantor dan mbak harian ku di lantai 2 sedang setrika baju. Ah sekalian, pikirku... mau pake rok baru, warna pink! (hihi.. gak penting). So, dari bawah aku teriak: Feb, tolong dong sekalian. Lalu aku lempar ke atas dan.. gak sampai. Aku mencoba lagi dan meloncat lebih tinggi. The rest is history.

Foto fresh jepretan 30min setelah jatuh



Setelah beberapa hari masih tetap bengkak

Bahkan sampai hari ke 19


Setelah ini ... semoga aku tidak males bergerak lagi, atau tidak malas untuk sekedar menggerakkan mulut untuk suruh si mbak yang turun dari lt 2. Hahahahaa....


Malas Bertanya
Waktu hari ke-5 kaki tidak juga kempes, aku memutuskan untuk ke dokter. X-ray. Saat membawa hasil rontgen ke dr ahli tulang, dia bertanya: Ibu pakai asuransi kan? Saran saya, nginep saja supaya lebih cepat pulih. Waah... aku pikir bisa habis diketawain suami kalo untuk kesleo saja harus nginep. Aku jawab, saya diskusi dulu dengan suami. Oke kata dokter itu. Lalu dia "memblebet" (haha.. gak ketemu bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk kata ini: membungkus kaki dengan cara melingkar...? wwkwkkwkk) anyway... layaknya seorang pro, hasil blebetannya memang rapi dan indah sekali.. LOL!!  Tapi waktu di depan kasir, aku shock berat!


dan ini lah hasil karya maestro yang luar biasa itu

Memang sih, dibandingkan hasil blebetan 
Monita or Papinya (aku lupa) terlihat bedanya.. 
hahaha.. tapi Rp 600rb is still too much!


So, aku berjanji apapun yang akan terjadi di ruang praktek dokter, di rumah sakit manapun, aku akan bertanya tindakan apa dan berapa biayanya. We have the right to ask: saya mau diapain dok, sakit enggak, mahal enggak... Karena, malas bertanya bisa tersesat di Rumah Sakit :)


Malas Hidup Sehat
Sudah bertahun-tahun aku lebih banyak kerja dari rumah. Jangan sirik yaa... memang enak, nih buktinya baca di sini. Tapi belakangan aku baru sadar bahwa, bekerja pakai daster setiap hari membuat badan kita melar. Haha! Coba aja sendiri. Kita makan, ngemil, makan, ngemil tanpa berasa baju sempit. Akhirnya selama beberapa tahun ini, beratku tambah terus. Aaah. alasan! Padahal katanya bisa sepedaan. Tapi sepedaku udah dijual suami... Haah.. alasan lagi.. Kalau niat olah raga, niat makan sehat.. working from home or not, harusnya bukan masalah.

Suatu hari aku pernah test kolesterol di apotik deket rumah, hasil nya positif tinggi. Trus mencoba mengurangi... santan.. doang. wkwkw.. tidak lagi makan nasi uduk ataupun gudeg, padahal 2 itu favorite. Dan tidak lagi makan kepiting, padahal itu adalah my all time fave dish. Dan tiap ketemu udang... enggak maruk lagi. Haha!!

Dan, aku rasa "kejatuhan" ini adalah blessing in disguise. Karena sudah sebulan tidak juga kempes, aku test asam urat di apotik itu. Hasilnya memang tinggi. Lalu coba minum obat dan menghindar makanan yang harus di hindari. Minggu lalu, karena masih jug belum kempes, aku ke dokter lagi. Bukan dokter maestro yang tadi, tapi dokter lain di rumah sakit lain. Kali ini dengan banyak pertanyaan.. haha! sampai akhirnya dokternya bilang: walaupun MRI pun, belum tentu penyebab bengkaknya ketahuan. Nah lo!!

Setelah pulang dari dokter, aku berjanji hidup sehat, makan sehat, dan hari itu aku hanya makan bubur (pagi), 2 slices roti tawar gandung (siang), 1 mangkok kecil oatmeal dan nanas, malam beberapa potong pepaya. Well... now i think it didnt sound healthty at all actually. dan yes! Sepanjang sore aku sudah merasa enggak enak bodi. Pusing dan mual. Berlanjut sampai pagi. Walaupun sukses bangun dan masak sehat, aku merasa benar2 tidak sehat. Keringat dingin dan akhirnya muntah!

Dan siang hari setelah merasa enakan.. aku santap ayam goreng, kolak dan kue pisang, lalu makan nanas plus cabe rawit merah + garam. Ueennaaak tenan! Hahahah!!

Aniway buttom line is.. gara2 jatuh kesleo ini aku sadar bahwa banyak makanan tidak boleh lagi dikonsumsi terlalu berlebihan buat kita yang sudah getting older ini.


Malas Atur Strategi - dibaca Jangan Grasak Grusuk alias... Slow Motion
Semakin kita tua, kelenturan tubuh dan tulang berkurang banyak. Salah gerak sedikit akibatnya bisa fatal. Nah contoh waktu kita mandi, jangan grasak grusuk grabak grubuk putar badan untuk ambil ini dan itu sembarang, bisa terpeleset atau terpelanting. Atau waktu kita turun tangga.. jangan serasa masih 20-an tahun.. tapakkan kaki dulu kuat2 baru melepas kaki satunya.. duh, serem banget kalo kesribet. Well, mungkin tingkat kelenturan orang berbeda2, mungkin karena aku gak pernah exercise jadi merasa badan kaku semua.. but anyway.. just be very careful.


Malas Merawat Diri
Ini sebenernya gak terlalu berhubungan dengan jatuh kesleo, but I have to include this story just because sehat di dalam juga harus sehat di luar bukaaan?? As we're getting older, kulit kita makin tidak elastik, makin kering. Apalagi kalau kita seharian di AC, dan selalu mandi air panas. So it happens that kakiku sering sekali kena alergi bercak merah dan gatal. Waktu kakiku bengkak, dan aku mengambil beberapa foto pakai handphone.. aku baru menyadari kalau kaki itu itu jelek sekali. haha!! Bercak merah nya terlihat sangat mengerikan. Akhirnya aku ke dokter dan dokter bilang, kakiku kering sekali, karena kering ini lah makanya cracking dan menjadi gatal. Dokter bilang asal mandi dengan air dingin atau suam2 dan rajin beberapa kali pakai body lotion, gatalnya tidak akan datang lagi. See? Handbody sodara-sodara!. As simple as that.

Foto tidak ditampilkan, takut jadi pada gak selera makan lihat kaki berbulu dan budukan ahahah!


Malas Check-in Luggage
Walaupun kaki bengkak, demi sesuap nasi dan segenggam berlian aku harus tetap bekerja. Dan karena sudah atur bisnis trip untuk 2 event besar di Bandung dan Surabaya sebelum jatuh, aku harus berangkat. Ke Bandung.. gak masalah. Antar jemput sampai depan rumah. Tapi waktu harus ke Surabaya... masalah timbul.

Karena memang cuma nginep sehari, aku bawa koper kecil dan tidak men-check-in kan nya ke bagasi. Tapi aku bawa ke cabin. Aku pikir sekalian masukin laptop jadi enggak perlu bawa 2 tas. Dan aku kan naik GA, biasanya mereka pakai belalai sampai pesawat. So, I thought I was being smart.

Terminal 3 yang super besar itu menyiksa kakiku. Dari gate 9 aku harus jalan ke gate 15 untuk menumpang golf car menuju ke gate 26. Ternyata, GA kali itu tidak pakai belalai. Terpaksalah dengan kaki bengkak, aku harus tenteng2 koper naik turun tangga dan naik turun bus. Sampai di bawah pesawat aku tak sanggup lagi. Dan bersyukur petugas itu meminta aku masuk pesawat naik forklift bersama dengan penumpang yang naik kursi roda. I know, God was being too nice to me. Kalau hari itu tidak ada penumpang kursi roda, aku tetap harus naik tangga, walaupun koper pasti akan ada yang bantu. Selama di pesawat, kaki nyut2 banget dan sepatu sudah tidak muat lagi. Terpaksa aku harus didorong pake kursi roda sampai ke mobil jemputan.

Malamnya, sesuai instruksi suami.. 
aku minta es batu dari hotel untuk kompress


Malas Baca / Belajar
Baru tahu kalau yang namanya kesleo itu sebenarnya adalah karena otot robek, bukan terpelintir. Baca ini. Dan treatment nya JANGAN DI URUT. Asli. Baru tahu.

Treament yang betul adalah RIPE (Rest, Ice, Pain Killer, Elevate) atau yang lebih umum adalah RICE.

Rest- Give your ankle time to heal properly. Stop all activities that cause pain.
Ice- Use a bag of crushed ice or frozen vegetables for 20 minutes. Repeat 4-5 times a day.
Compression- You can use an elastic bandage to provide support and help reduce swelling.
Elevation- Elevating your ankle above your heart will also help reduce swelling

Waktu kaki bengkak dan gak bisa jalan, banyak teman2 yang berbaik hati memberikan saran sampai bingung harus ikutin yang mana. Ada yang bilang harus dilatih gerak supaya lemes dan cepat sembuh. Ada yang bilang gak boleh gerak sama sekali. Ada yang bilang pakai arak, beras kencur. Ada yang kasih nama shinshe ini dan itu.. All was appreciated.

Tapi karena sudah membaca, aku tahu bahwa bagian yang sakit tidak boleh di urut, kalau mau urut boleh di tempat lain yang tidak sakit, sekedar melemaskan otot tidak apa.


Yang terakhir, jangan malas untuk bermesraan yaaa... Ini suami memberikan pijatan waktu kesleo kemarin. Dia pijit kaki yang sehat, pegel dan kaku karena harus menahan berat badan sendirian. Pijitannya sih.. sebenernya sakit, karena tenaga nya luar biasa dia kerahkan.. tapi ya.. bilang aja enak. hahaha


💙💙💙


Nah.. sekarang silakan test "kemalasan" kalian...
Anyone can relate to any of these ?? HHAHA 😁😁







No comments: