Pages

Oct 23, 2022

God's Support System

These past almost 3 months, after diagnosed with CA Mammae, have been difficult for me. But, I know God never leaves me and He provides me with everything I need to go through this.

Aku cerita dari kemo ke-3 yaa.. Sudah tulis blog sejak pulang dari kemo ke-3, tapi belum selesai.. sampai sekarang ketabrak kemo ke-4. Kemo ke-3, Puji Tuhan berjalan sangat baik. Aku hanya mual-mual saja, sesekali saja muntah, enggak parah. 

Menghadapi kemo ke-4 ini, sejak beberapa hari migren-ku kambuh parah. Hari Minggu sore kemarin aku dan suami pergi massage, suami sudah wanti-wanti hanya boleh pijat pelaaaaan sekali... aku yang biasanya reflexy seminggu sekali sama terapis cowok dan minta tekanan yang keras, kali ini pasrah hanya berasa seperti di-elus2 saja, sampai mbak terapisnya ngantuk, haha! 😁 Tapi efeknya badan malah jadi gak enak dan sakit semua sampai 2 hari. Hari Selasa aku tusuk jarum (akupuntur), dan Rabu cuss berangkat ke RS untuk Kemo ke-4.

Nah, soal Migren .. sepertinya sih karena aku tegang menghadapi kemo kembali. Rasanya beraaatt banget mau ke RS lagi. Kemo ke-3 karena efeknya tidak parah, aku nyaman kerja dari rumah, bahkan sempat ke kantor untuk meeting. Jadi udah berasa enak di rumah sehat, eehh.. harus ke rumah untuk jadi sakit. Rasanya enggak rela banget, apalagi banyak kerjaan yang harus diselesaikan.  

Aku migren hebat krn tegang mikirin: nanti efeknya apa ya? Nanti bisa makan enggak ya? (trauma 9 hari enggak bisa makan minum sama sekali), nanti sesak nafas ga ya (kemo ke-3 sempat sesak nafas sampai merah biru dan harus dibantu selang oxygen), nanti ada bleeding2 lagi gak ya? nanti di-infus dibagian mana lagi yaa... (ini paling mengerikan, walaupun udah puluhan kali ditusuk, tetep aja takuutt hihihii), nanti mual muntah gak ya? Nanti perut perih gak yaa..? Belum lagi urusan kerjaan .... wah, panjang daftarnya... Segala kekuatiran tumpah jadi satu...

Tiap hari aku berdoa memohon Tuhan memberi kekuatan padaku menjalani semua treatment ini. Dan Tuhan menjawab doaku. Bukan dengan memberi aku tubuh yang tiba2 segar bugar dan kuat, bukan dengan memberi aku rasa sakit yang tiba2 langsung hilang, bukan dengan memberi aku badan yang bisa bergerak lincah seperti dulu... tapi dengan menyediakan hal2 indah lainnya yang sungguh memberi aku kekuatan, suka cita dan comfort. I call them God's Support System.

This what inspired me










The 7 Support Systems provided by God (in no particular order)
Please come back to check each one of them, I may have been slow, but I promise to make all 7 posts out of this below list.

1. Insurance
Salah satu cara Tuhan memberikan ketenangan dan kenyamanan selama menjalani treatment yang panjang dan menyakitkan.. dan mahal. Read more.

2. Prayer
Walaupun aku sering mendoakan teman yang sakit, tapi aku sempat bergumul: kenapa ya kita harus mendoakan orang yang sedang sakit? Pengalaman rohani apa yang Tuhan berikan ketika kita berdoa untuk orang yang sedang dalam kesulitan? Read more.

3. Tim Medis 
Banyak yang ogah masuk RS karena dokter yang pelit info atau suster-nya yang judes-judes. Not for me. Banyak cerita lucu dan seru selama aku bolak-balik masuk RS yang sungguh menghibur hati. 

4. Tim CR
I'm blessed with a solid team. I couldn't be prouder than I am right now. Aku ngebayangin mereka jungkir balik bekerja, sementara aku tidur2an lemes di RS atau di rumah. That feeling is devastating, but somehow giving me strength too. Aku mau sembuh supaya aku bisa bekerja bersama mereka lagi, melayani Tuhan lagi. Read more.

5. Friends (Teman Gereja, Teman Kantor, Teman Rumpi, Teman Lama, dll)
I'm amazed and so grateful by the amount of love and support given, and the amount of people giving them. This story is one you don't wanna miss. Stay tuned yaaa, mungkin akan kesebut namanya hihihii..😆

6. Family
What keeps me going day by day, every day. Without them, I don't think I have the will to fight or to survive. 

7. Digital Treasure
Yang ditawarkan dunia kadang bisa menjerat kita menjauh dari Tuhan. Tapi Tuhan bisa menyediakan berkat dari situ. Read more.

Aku share ya lagu yang sangat memberkati aku menjalani semua treatment ini.
Blessing by Laura Story. Lirik di sini.


So once again, Tuhan bisa menyediakan pertolongan melalui hal-hal yang semula tampak biasa2 saja, atau bahkan tidak kita sangka2. Jangan selalu mengharapkan pertolongan yang spektakuler, apalagi mengharapkan "show time" yang sampai membuat orang rebah jatuh bergelimpangan kena tiupan atau percikan. Gak jelas itu... 😄

Aku percaya mujizat Tuhan itu ada. Dan mujizat itu bisa kita dapatkan dari berbagai hal yang Tuhan sediakan bagi kita, setiap hari. Look around... we have sooooooooooo many things to be thankful of. Tuhan itu baik, selalu baik, dan tetap akan baik. Dia ajaib dan hidup. He provides helps to support our little fragile faith. Dia bisa memakai apapun untuk menjawab doa kita. Praise HIM forever!



No comments: